Profil

My photo

Blogger, Digital Imaging, Photography
Blog Status: Terjadwal

Tuesday, August 31, 2010

Cara Sederhana Membasmi Virus Komputer Tanpa Antivirus

Not your language? Choose your language here
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:uhHNAfuN809-0M:http://binaryday.com/wp-content/themes/bd/images/USB-Virus.jpg&t=1

Virus merupakan salah satu sumber masalah bagi komputer kita, karenanya proses komputer kita jadi lambat dan sering error. Sama seperti virus yang bisa bikin tubuh kita sakit mual , karenanya kita jadi lambat bergerak (karena badan sakit2) dan sering error (melakukan hal biasa, belum tentu bisa... soalnya gak ada tenaga), makanya dibuat antivirus. Kita bisa lihat di internet banyak sekali macem2 antivirus, sampe2 binggung mau milih yang mana. Saya udah pernah nyoba sekitar 10 antivirus lebih, tapi sampe sekarang masih tetep ragu mana yang terbaik. Apa anda udah nemu antivirus yang ampuh?? atau masih ragu seperti saya?? atau malahan gak pake antivirus sama sekali???

Sedikit cerita sebelum lanjut, sebenarnya saya pernah denger2 kalo ada pembuat virus itu membuat antivirus juga sebagai penangkal virus yang dibuatnya. Tapi udah pasti untuk meraup keuntungan, si empu ini menjual antivirus tersebut padahal virus yang dibuatnya gratis. Cerdik sih, tapi merugikan orang lain... ada juga yang membuat antivirus tanpa membuat virus, ini yang baru saya bilang programmer sejati metal!! . Baca2 di internet, saya nemuin info kalo sekarang ada virus yang menyamar sebagai bencong antivirus, jadi sebaliknya antivirus yang seharusnya melindungi komputer kita malah merusak sistem komputer tersebut setan . Salah satu antivirus yang digunakan virus sebagai samaran adalah Norman Security Suite sebagai W32/FakeAV dan Security Essentials 2010 yang merupakan satu-kesatuan dari sebuah varian W32/Bredolab.GY yang terdeteteksi di jalur bencong disana.

Dalem kebingungan ini untungnya saya menemukan suatu info kalo kita bisa ngebasmi virus tanpa antivirus dan ini sangatlah berharga (coba kalo udah make antivirus, ini info pasti dibilang sampah wkwkwk Big Grin ).Apa anda percaya kita bisa membasmi virus tanpa mengunakan antivirus?? Sebenarnya antivirus itu hanya untuk mempermudah anda mencari dan menghapus virus di komputer, tapi antivirus gak bisa mendeteksi semua macem virus hanya beberapa aja, tergantung file database antivirusnya/update antivirus.

Kembali ke pokok pembicaraan, gimana cara menghilangkan virus tanpa antivirus? ada 2 cara, yaitu:

1. Mengunakan System Rostore di komputer
2. Menjadikan diri kita sebagai antivirus

1. Kita bahas cara yang mudah dulu, yaitu dengan System Restore. System Restore adalah system yang berguna untuk mengembalikan keadaan system komputer tersebut sesuai dengan restore point sebelumnya. Tapi ini gak 100% membasmi semua virus. So untuk menrestore system di Windows anda:

Start >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> System Restore

Tapi ternyata ada juga virus yang bisa menonaktifkan System Restore di Windows. Jika ini terjadi, yang perlu anda lakukan adalah mematikan komputer secara manual (menekan tompol power dalam beberapa detik) usahakan tidak ada program yang berjalan saat anda akan mematikan komputer secara manual, karena akan merusak beberapa file program tersebut. Dan setelah anda matikan, anda nyalakan lagi, lalu setting boot Windows anda ke Safe Mode, kemudian anda restore komputer anda saat sebelum komputer anda terkena virus. (Mengunakan cara Sstem Restore efektif membasmi virus UZA, brontok dll)

2. Cara yang kedua adalah menjadikan diri kita sebagai antivirus (maksud? bingung ). Maksudnya kita sendiri yang harus mencari virus tersebut di komputer kita sendiri (caranya?). Caranya mudah saja, yaitu mencari file yang berekstensi tidak sesuai dengan file tersebut (contohnya?) *aarruuuhh banyak bacot Mad (S) ! Contoh: file dokumen word berekstensi .doc, tapi anda lihat file dokumen word tersebut berekstensi .exe, berarti udah ada yang salah sama file tersebut alias udah terinfeksi virus, bisa juga file gambar berekstensi .jpg menjadi .exe dll.

Sekarang yang perlu anda lakukan setelah mengetahui ciri2 virus, tinggal menjelajahi komputer anda tentang keberadaan virus tersebut. Jika ada file yang mencurigakan, anda hanya perlu tekan Shift + Delete (supaya file virus tersebut langsung terhapus di komputer anda, bukannya tersimpan di Recycle Bin).

Begitulah caranya gak repot2 amet, juga hemat biaya daripada harus membeli antivirus. Oh ya saya mau dulu jelasin beberapa kelebihan dan kekurangan dari cara-cara yang sudah saya sebutkan:

Mengunakan antivirus:

Kelebihan : - Menghapus virus lebih cepat dan mudah
Kekurangan : - Tidak semua virus terdeteksi, boros biaya untuk membeli antivirus, tidak terjamin aman (karena antivirus bisa menghapus file yang penting di Windows)

Mengunakan System Restore:

Kelebihan : - Menghapus virus mudah dan cepat, mengembalikan keadaan komputer ke keadaan yang lebih baik, aman
Kekurangan: - Tidak semua virus terhapus, beberapa program yang kita sudah instal bisa hilang

Menjadikan diri kita sebagai antivirus:

Kelebihan : - Semua virus terdeteksi, aman, file tetap terjaga
Kekurangan: - Memakan waktu yang lama dan energi banyak untuk konsentrasi

Jadi silahkan anda pilih salah satu cara di atas untuk membasmi virus di komputer anda atau anda bisa juga mengunakan semua cara di atas untuk menjaga keamanan komputer anda.

NB: tapi jika komputer anda sudah terinfeksi virus cukup parah (stadium 4) satu-satunya cara yaitu menginstal ulang komputer anda! Semoga bermanfaat :)

Save And Share : Cara Sederhana Membasmi Virus Komputer Tanpa AntivirusTweet This ! (Click On It For Url Shortening) Share On Facebook ! Share On Google Buzz ! Add To Del.icio.us ! Share On Digg ! Share On Reddit ! Share On LinkedIn ! Post To Blogger ! Share On StumbleUpon ! Share On Friend Feed ! Share On MySpace ! Share On Yahoo Buzz ! Get These Share Buttons ! Share On Google Reader ! Google Bookmark ! Send An Email ! Blog Feed !

Subscribe in a reader

Silahkan masukan alamat email anda disini untuk berlangganan artikel dari blog ini GRATIS:

Artikel menarik lainnya:



10 comments:

  1. kalau restore aku udah pernah nyoba tapi kalau virus yang udah masuk kesystem biasanya restrorenya pun dibikin mati...

    kalaucara kedua memang bagus sih tapi aku nggak berani soalnya aku nggak terlalu banyak ngerti soal enxt file jadi takut salah...

    so artikelnya keren...thnak ya

    ReplyDelete
  2. buset,,sip kawan,,ijin bookmark,,nih,,^^,,huhuyym,,,thanks dah sharing,,^^..happy blogging :)

    ReplyDelete
  3. @rizal: kalo system restorenya dimatiin ma virusnya, jalanin di safe mode..
    cara kedua memang ribet, bikin sakit mata wkwkwk

    ReplyDelete
  4. makasih banyak tipsnya sob.. perlu dicoba nih. karena terkadang ga semua antivirus mempan untuk semua virus

    ReplyDelete
  5. wah bagus nih infonya..

    saya juga pernah dgr dari teman.. katanya untuk menghindari virus masuk ke PC kita katanya autorun nya dinonaktifkan.. karena saya gak terlalu ngerti masalah PC jadi gak tahu maksudnya apa.. :D

    ReplyDelete
  6. keren sob.
    wah, jadi kalo kena virus gak usah sampe instal ulang lagi deh

    ReplyDelete
  7. jd gt yh sob, langsung deh tak praktekkan

    ReplyDelete
  8. Bagus, makasih infonya, sangat bermanfaat banget!
    langsung bisa dipraktekkin!
    memang iya, ada virus yang menyamar menjadi virus.
    Bali Villas Bali Villa

    ReplyDelete

Kalo mau komen disini inget No SPAM, No PORN, No SARA (Seks, Agama, Ras dan Anatomi), karena komen seperti itu akan saya hapus!
Jika anda ingin mereply/membalas komentar, klik tulisan "Reply" dan tulis komentar anda

Terima kasih atas kunjungannya, semua komentar akan saya hargai :)

Blog ini DOFOLLOW